IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK SDS GLOBAL ANDALAN 2019 Admin

                   Pangkalan Kerinci – Rabu (27/11/2019) SDS Global Andalan menggelar kegiatan Implementasi Pembelajaran Tematik yang berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini melibatkan siswa mulai kelas 1 – 6 dan dihadiri oleh Manager Sekolah Bapak Drs. Jansen Yudianto, Kordinator Sekolah Global Andalan Ibu Djuwita Ratna, Kepala SMP Global Andalan Bapak Adven Daeli, Ketua Komite Sekolah Global Andalan Bapak Dasrul serta orang tua siswa.
                   Kegiatan ini diawali dengan tampilnya ‘Minion’ dengan pesan bebas plastik sekali pakai dan informasi tentang area lingkungan sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Manager Sekolah Bapak Drs. Jansen Yudianto bahwa pendidikan saat ini memasuki era industri 4.0. Untuk menghadapi revolusi 4.0 diperlukan persiapan  metode pembelajaran yaitu berpikir kritis, kreatif, pemecahan masalah, dan komunikasi. Ketua Komite Sekolah Bapak Dasrul dalam sambutannya menyatakan bahwa Pembelajaran Tematik K-13  terbagi 4 aspek yakni spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Jadi kegiatan Implementasi Pembelajaran Tematik 2019 ditaja dalam rangka penerapan tematik di bidang keterampilan. Sebelum memulai kegiatan diawali dengan doa yang pimpin oleh Bapak Hijrah Saputra.
                   Implementasi Pembelajaran Tematik dilaksanakan dalam 2 bentuk yaitu presentasi di ruang kelas dan tampilan hasil pembelajaran di panggung. Presentasi kelas diberi nama sesuai dengan tema pembelajaran yang diusung. Kelas Family oleh siswa kelas 1 mempresentasikan tentang keluarga inti dan  keluarga besar. Kelas Healthy Life oleh siswa kelas 2 mempresentasikan tentang menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kelas Miniatur APRIL Group oleh siswa kelas 4 mempresentasikan berbagai jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar perusahaan PT. RAPP. Cooking Class oleh siswa kelas 5 mempresentasikan berbagai jenis makanan kuliner dan demo masak. Kemudian Young Entrepreneur oleh siswa kelas 6 yang berlokasi di area parkir sepeda motor mempraktikkan wirausaha. Kelas presentasi tidak hanya tematik, tetapi dilengkapi dengan kelas presentasi dari bidang mata pelajaran seperti Galeri Islam, Galeri Katolik, Galeri Protestan, Gallery and Art, dan Permainan Rakyat Melayu Riau.
                   Adapun bentuk hasil pembelajaran tematik yang ditampilkan di panggung sangat bervariasi. Siswa kelas 1 menampilkan gerak lagu dan kosa kata dalam Bahasa Inggris bertema Keluargaku, Siswa kelas 2 menampilkan gerak lagu dan tari-tarian dengan tema Hidup Sehat, Siswa kelas 3 menampilkan dongeng, storytelling dengan tema Menyayangi Hewan dan Tumbuhan, Siswa kelas 4 menampilkan drama dengan tema Pahlawanku dan Berbagai Pekerjaan, Siswa kelas 5 menampilkan berbalas pantun dengan tema Makanan Sehat, dan siswa kelas 6 menampilkan drama, tarian daerah, dan lagu daerah dengan tema Persatuan Dalam Perbedaan.  Pada kegiatan yang sama siswa kelas 3 berperan sebagai reporter dan guide di area lingkungan sekolah.
                   Rangkaian kegiatan disusun secara bergantian  antara presentasi kelas dan tampilan di panggung. Hal ini bertujuan agar orang tua dapat melihat serta mengunjungi kelas-kelas presentasi dan terlibat dalam kegiatan tersebut. Akhir dari kegiatan Implementasi Pembelajaran Tematik 2019 ditutup dengan tampilan kolaborasi drama, tari, lagu, dan puisi ‘Bersatu Dalam Perbedaan’ oleh siswa kelas 6.
                   Rangkaian yang telah ditaja dapat terlaksana berkat adanya Living Our Core Values yakni kerja sama tim (Complementary Team), rasa memiliki (Ownership), sumber daya manusia (People), dan integritas (Integrity). Tak ada gading yang tak retak, tidak ada yang sempurna. Siswa SDS Global Andalan sudah mengimplementasikan pembelajaran yang diperoleh selama satu semester namun masih banyak yang perlu dikembangkan lagi demi kemajuan sekolah. Hal ini akan memberikan yang terbaik dan rasa percaya bagi orang tua serta lingkungan sekitar.